8 Aplikasi Pertanian Terbaik, Untuk Belajar dan Jual Produk Pertanian!

Jika bicara tentang pertanian, kebanyakan orang pasti akan berpikir tentang sawah, cangkul, camping dan sebagainya. Sampai sekarang, kebanyakan orang menganggap bahwa pertanian ini adalah suatu hal yang jauh dari kemajuan teknologi. Selain itu, konotasi kata “Pertanian” juga masih menjadi sesuatu yang tradisional. Tidak jauh-jauh dari berkebun, sawah, kerbau, alat berat, dan peluh.

Namun ini bukan berarti kemajuan teknologi tidak menyentuh segmen pertanian. Seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan, sekarang ini mulai muncul banyak hal untuk menunjang pertanian yang basisnya memakai teknologi. Salah satu yang mulai dikembangkan adalah aplikasi pertanian. Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam mengelola pertanian supaya tidak salah langkah.

Aplikasi Pertanian untuk Android

Apa fungsi dari aplikasi pertanian ini? Aplikasi ini bisa membantu Anda mengetahui berbagai hal tentang pertanian langsung dari ahlinya. Lewat aplikasi ini Anda bisa belajar pertanian dengan benar dan tidak salah langkah. Nah, berikut ini sudah kami rangkum kumpulan aplikasi pertanian untuk Android yang bisa Anda gunakan untuk belajar pertanian.

  1. Aplikasi PETANI

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk para petani. Jika ibu, bapak atau mungkin tetangga Anda seorang petani, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mereka meningkatkan produktivitas hasil panen mereka. Dengan meningkatnya hasil panen tersebut, tentu akan berdampak baik bagi lingkungan dan orang-orang sekitar.

Lewat aplikasi PETANI ini anda bisa bertanya langsung kepada para pakar tentang info seputar dunia pertanian. Mulai dari cara budidaya tanaman yang baik, sampai dengan berbagai cara mengatasi penyakit yang sering menyerang tanaman. Jadi Anda bisa mendapatkan penyuluhan mengenai hal-hal terkait dunia pertanian secara online kapanpun dan dimanapun.

  1. Pak Tani Digital

Aplikasi pertanian berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Pak Tani Digital. Aplikasi ini cocok sekali untuk Anda yang lebih suka dengan satu aplikasi yang memiliki fitur lengkap. Lewat aplikasi Pak Tani Digital ini Anda bisa melakukan banyak hal, mulai dari cek harga sampai dengan pembelian barang langsung dari petani ke pembeli atau konsumen akhir.

Selain itu, ada juga fitur Transporter yang bisa memudahkan Anda menemukan ekspedisi mana yang bisa dipakai untuk proses pengiriman. Selain tersedia dalam bentuk aplikasi Android, Pak Tani Digital juga tersedia dalam bentuk website. Menariknya lagi, Anda juga bisa mengetahui mapping harga serta komoditi lewat aplikasi ini.

  1. LimaKilo

Selain aplikasi pertanian untuk mendapat informasi seputar cara budidaya tanaman serta merawat tanaman. Ada juga aplikasi pertanian untuk menjual hasil tani langsung ke konsumen, salah satunya adalah LimaKilo ini. Biasanya petani harus menjual hasil panen mereka ke tengkulak terlebih dahulu, namun lewat aplikasi LimaKilo para petani bisa langsung menjual ke konsumen.

Dengan adanya aplikasi LimaKilo ini tentunya rantai pasok menjadi lebih cepat, petani juga bisa memperoleh penghasilan yang lebih tinggi lewat penjualan langsung di aplikasi LimaKilo. Selain pemesanan hasil tani lewat aplikasi, LimaKilo ini juga bisa diakses lewat website. Sampai sekarang, LimaKilo sudah menjangkau area Depok, Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

  1. Aplikasi Simbah

Bingung cari pasokan bahan baku? Aplikasi Simbah bisa menjadi solusi yang tepat untuk menemukan berbagai kebutuhan pertanian dan juga hasil tani. Selain kualitas produknya yang terjamin, Anda juga bisa mendapatkan produk tani dengan harga yang bersaing karena pembelian langsung ke petani. Hal ini karena Simbah berfokus pada peningkatan produktivitas dan pemasaran business to business.

Jadi bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang pertanian, aplikasi ini akan sangat membantu untuk mencari dan menjual produk pertanian. Bukan cuma konsumen akhir saja, Anda yang ingin belanja dalam skala bisnis, maupun memiliki usaha yang berhubungan dengan pertanian bisa berkolaborasi dan berbagi pengalaman lewat aplikasi Simbah ini.

  1. Pantau Harga

Aplikasi pertanian selanjutnya yang kami rekomendasikan dan harga diinstal di Hp Anda adalah Pantau Harga. Aplikasi ini wajib diinstal untuk anda yang membutuhkan bahan baku dari petani. Lewat aplikasi ini Anda bisa menawar dan membeli hasil tani langsung dari para petani. Tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan, aplikasi Pantau Harga ini mempunyai basis data harga sebagai acuan.

Pantau Harga memiliki beberapa fitur utama yang bisa memudahkan Anda. Pertama ada fitur yang namanya “Cek Harga”, fitur ini memungkinkan Anda menemukan harga komoditas yang ada di sekitar. Ada juga fitur “Kirim Harga” untuk melaporkan harga komoditas di penjual terdekat. Terakhir ada fitur “Jual Komoditas” untuk menjual komoditi ke pengguna aplikasi yang lain.

  1. Aplikasi Agromaret

Agromaret merupakan salah satu startup aplikasi pertanian terbaik di Indonesia sekarang ini, bagi Anda yang berprofesi sebagai petani wajib menginstall aplikasi ini. Beda dengan aplikasi pertanian lain, Agromaret ini merupakan aplikasi pertanian yang berkelanjutan terbaik sudah sudah ada sejak tahun 2009, jadi sudah bisa dipastikan kualitas dan manfaat aplikasi ini.

Agromaret memiliki tujuan khusus untuk mengurangi dominasi pasar, menciptakan peluang pasar yang lebih luas dan menjadi sentra informasi yang lengkap di bidang pertanian. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi bukti bahwa pemasaran online bukan cuma bisa dilakukan perusahaan besar saja, petani kecil juga bisa memasarkan hasil tani mereka ke masyarakat luas secara online.

  1. Aplikasi TaniHub

Apakah Anda sedang mencari aplikasi untuk bidang pertanian yang bisa digunakan secara gratis dengan fitur terbaik? Maka aplikasi TaniHub ini bisa menjadi solusi yang tepat. TaniHub haidr dengan memberikan memberikan banyak keuntungan untuk para petani, lewat aplikasi ini para petani bisa menjangkau lebih banyak konsumen dengan mudah dan cepat.

Dengan memanfaatkan aplikasi TaniHub ini juga para petani bisa mendapatkan untung sampai dengan 20%. Sampai sekarang sudah ada lebih dari 15 ribu petani yang bergabung dan menjual hasil tani mereka di aplikasi TaniHub in. Yang menariknya lagi adalah, TaniHub ini mempunyai klien dari 30 perusahan ritel dan tempat makan besar untuk menyerap semua hasil tani yang bergabung di aplikasi.

  1. Ci-Agriculture

Aplikasi pertanian terakhir yang kami rekomendasikan untuk belajar dan melakukan berbagai kegiatan pertanian lain adalah Ci-Agriculture. Aplikasi ini berfungsi sebagai media untuk membantu para petani dalam melakukan proses penanaman benih, penggunaan obat, pemberian pupuk, dan berbagai kegiatan pertanian lain. Dengan aplikasi ini para petani tidak perlu bingung lagi ketika menjalankan ladang.

Selain sebagai media untuk belajar pertanian, Ci-Agriculture juga dibuat khusus untuk menghubungkan para petani dengan distributor, konsumen, pasar, sampai crop insurance asuransi terbaik untuk para petani. Jadi aplikasi ini sangat wajib di install untuk para petani yang ingin mengembangkan bisnis pertanian mereka.

Nah itulah tadi beberapa aplikasi pertanian terbaik untuk Android yang bisa kami sampaikan. Jika Anda atau teman, keluarga, tetangga memiliki profesi sebagai petani, maka aplikasi di atas sangat wajib untuk dicoba.